Gubernur Ridwan Kamil Realisasikan Penataan Kalimalang Bekasi

indonesiasatu, 25 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Jawa Barat merealisasikan penataan Kalimalang dengan groundbreaking Pembangunan Waduk, Situ, dan Saluran Multifungsi Destinasi Wisata Air Juara di Sempadan Saluran Kalimalang, Kota Bekasi, Rabu (25/9/19).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengatakan penataan ini  sejalan dengan upaya mewujudkan misi ketiga Jabar yaitu mempercepat pertumbuhan dan pemerataan pembangunan berbasis lingkungan dan tata ruang yang berkelanjutan melalui peningkatan konektivitas wilayah dan penataan daerah.

"Jawa Barat memiliki waduk, situ dan saluran multifungsi yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata air unggulan," ujar Ridwan usai melakukan groundbreaking.

Pengembangan destinasi wisata air, lanjut Emil sapaan Ridwan Kami, dapat meningkatkan potensi wisata alam dan potensi wisata budaya khas daerah sekitar situ, waduk, dan saluran yang tereksplorasi sehingga bisa menarik minat wisatawan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ia juga berkomitmen untuk menciptakan taman wisata berkelas dunia di tempat itu.

“Kita buktikan, Bekasi punya tempat yang sangat membanggakan," kata Ridwan Kamil. di Jalan Hasibuan, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Pembangunan taman tahap pertama di Kalimang difokuskan pada sisi utara dengan anggaran sebesar Rp 4,7 miliar. Sedangkan, pembangunan sisi selatan baru dimulai tahun dengan dengan alokasi anggaran Rp 26 miliar.

Taman yang dibangun itu akan dinamakan Taman Tarum Bhagasasi. Desainnya telah dirilis beberapa bulan lalu. Fasilitas yang akan dibangun di tempat itu antara lain, jalan setapak, ekemen lunak (tanaman), tiga monumen besar, alun-alun, tiang bendera, pagar pembatas, kolam dangkal untuk anak bermain, jembatan, dan taman flora musiman.

Emil meminta Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi untuk mengawal pembangunan taman itu hingga selesai. Setelah rampung, pengelolaan taman juga akan diserahkan kepada pemerintah Kota Bekasi. Ia berharap Kalimalang bisa menjadi tujuan wisata yang dirindukan. (hy)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu